Mendagri Optimitis RI Jadi Negara Ekonomi Dominan Di DuniaMendagri Optimitis RI Jadi Negara Ekonomi Dominan Di Dunia

Mendagri Jakarta di kutip dari antarannew.com (ANTARA) – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian optimistis potensi Indonesia menjadi ekonomi dominan di dunia. Hal itu diungkapkan Mendagri saat menanggapi prediksi kemajuan perekonomian Indonesia dari sejumlah lembaga.

Mendagri Berbagai lembaga internasional yang kredibel untuk memperkirakan Indonesia akan menjadi salah satu ekonomi dominan keempat di dunia. Saya termasuk yang optimis dengan prediksi tersebut,” kata Tito Karnavian dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Tito menyatakan, pengalamannya melihat perkembangan Republik Rakyat Tiongkok menjadi negara dengan kekuatan ekonomi global. Mendagri meyakini Indonesia juga berpotensi mencapai tingkat kemajuan serupa jika memanfaatkan sumber daya yang dimiliki secara efektif dan konsisten.

BACA JUGA : Kiprah Politik Sutiyoso, Gubernur DKI Dengan Masa Jabatan

Selain itu, Tito melihat dunia belum memiliki otoritas yang mengaturnya secara menyeluruh, sehingga terbuka peluang bagi setiap negara untuk mampu bersaing dan berjuang mendominasi di tingkat global, khususnya dalam bidang perekonomian.

“Saat ini mungkin banyak yang skeptis, banyak pula yang pesimis, tapi saya melihat itu bisa terjadi,” ujarnya.

Untuk menjadi negara dengan perekonomian dominan di dunia, kata dia, diperlukan produksi yang masif. Setidaknya ada tiga syarat utama untuk mencapai produksi massal, yaitu tenaga kerja yang banyak, sumber daya alam yang melimpah, dan lahan yang luas.

“Tidak banyak negara yang memiliki ketiga kondisi tersebut, yang paling jelas adalah China, India, AS, india, Rusia, Meksiko, Brazil, dan Afrika Selatan,” kata Tito.

Di sisi lain, ia mengapresiasi penyelenggara “Satu Inspirasi” yang telah memberikan penghargaan kepada tokoh daerah dari berbagai bidang. Kegiatan ini, kata Mendagri, akan menjadi motivasi bagi para tokoh daerah untuk terus bersaing dan meningkatkan kinerjanya.

Selamat untuk para tokoh-tokoh terpilih, mohon terus maju, berkarya, agar dapat ditiru oleh orang lain,” tutupnya.

error: Content is protected !!