Menteri Pertahanan Pastikan Sektor Prioritas Kerja Sama RI-TurkiMenteri Pertahanan Pastikan Sektor Prioritas Kerja Sama RI-Turki

Jakarta (ANTARA) – di kutip dari antaranews.com Menteri Pertahanan RI .(Menhan) dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto menegaskan sektor pertahanan menjadi bidang prioritas kerja sama Indonesia dan Turki.

Menteri Pertahanan, Oleh karena itu, saat bertemu dengan Menteri Pertahanan Turki Yaşar Güler di Ankara, Turki, Selasa (30/7) waktu setempat. Prabowo mengaku yakin masih banyak potensi kerja sama pertahanan kedua negara yang perlu dijajaki.

Saya melihat masih banyak potensi kerja sama di bidang pertahanan yang saling menguntungkan kedua negara. Ini juga merupakan salah satu peluang bagi Indonesia dan Turki untuk lebih meningkatkan rasa kerja sama di masa depan,” kata Menteri Pertahanan Prabowo saat bertemu dengan Menhan Turki.

Dalam pertemuan tersebut, seperti dijelaskan Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha. Saat dihubungi di Jakarta, Selasa, Menhan Prabowo dan Menhan Güler juga sepakat bahwa Indonesia dan Turki juga merupakan mitra penting terutama dalam memperkuat dan mengembangkan industri pertahanan di negaranya masing-masing. -setiap.

BACA JUGA : Hangat Kuku Memburu Harun Masiku

Beberapa tahun terakhir, industri pertahanan Indonesia yakni PT Pindad telah menjalin kerja sama dengan industri pertahanan Turki, FNSS, untuk memproduksi tank ringan/menengah yang diberi nama Harimau/Kaplan MT.

Selain itu, Indonesia saat ini juga tengah mengincar teknologi drone Turki. Antara lain Anka produksi Turkish Aerospace Industries dan Bayraktar buatan Baykar.

Prabowo tiba di Ankara, Turki pada Senin (29/7). Dan langsung bertemu dengan Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan pada malam harinya.

Dalam pertemuannya dengan Menlu Fidan, Prabowo menegaskan pendiriannya bahwa Türkiye adalah mitra strategis yang penting bagi Indonesia. Kerja sama yang sangat begitu erat antara kedua negara akan memberikan manfaat yang besar bagi kedua bangsa,” kata Menhan Prabowo.

Prabowo dalam pertemuannya dengan beberapa menteri Turki di Ankara didampingi Duta Besar RI untuk Turki Ahmad Rizal Purnama dan Atase Pertahanan RI untuk Turki di Ankara Kolonel Mohammad Amir Ali Akbar.

Türkiye menjadi tujuan ketiga Prabowo dalam rangkaian kunjungan luar negerinya sejak pekan lalu. Menteri Pertahanan Prabowo sebelumnya mengunjungi Paris, Prancis, lalu Beograd, Serbia.

error: Content is protected !!