Asisten Deputi Standarisasi Ikuti Tahap Awal Pemindahan ke IKNAsisten Deputi Standarisasi Ikuti Tahap Awal Pemindahan ke IKN

Jakarta Asisten Deputi Standarisasi Jabatan dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Kementerian PANRB Arizal mengatakan aparatur sipil negara (ASN) yang belum menikah atau lajang akan mengikuti tahap awal perpindahan ke Ibu Kota Indonesia ( IKN).

Asisten Deputi Standarisasi Kami ASN yang dimutasi ada perkembangan terkini. “Kalau rapat kemarin ya, arahannya yang masuk ke tahap awal adalah mereka (ASN) yang masih lajang,” kata Arizal di Festival ASN ‘Gerakan Bangun Nusantara’ di Antara Heritage Center (AHC) Pasar Baru , Jakarta Pusat, Sabtu.

Menurut dia, hal ini menyesuaikan kesiapan tempat tinggal dan kantor di IKN.

Artinya, padahal dia sudah punya keluarga di sini ya. Untuk saat ini, jangan bawa istri atau suamimu ke sana. “Jadi masih menunggu keputusan,” katanya. Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menjelaskan tiga skema pengalihan ASN ke IKN.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan pemindahan ASN ke IKN dilakukan secara bertahap sesuai screening kelembagaan dan ketersediaan perumahan.

Screening kelembagaan ini penting, sebagaimana disampaikan Presiden sebelumnya, karena akan menjamin terciptanya efektivitas dan efisiensi pemerintahan. Tadi telah kami sampaikan untuk prioritas opsi 179 unit eselon I di 38 K/L, 91 unit eselon I di 29 K/L, dan beberapa banyak opsi lagi, kata Anas di Istana Negara, Jakarta, Senin (1/7). ).

BACA JUGA : PKS Usung Bobby Nasution Prabowo Laporkan Hasil Kunker

Menurut dia, ASN yang maju terlebih dahulu akan mendapat tunjangan perintis yang besarannya sedang kami finalisasi dengan Menteri Keuangan. Cara kedua dan untuk formasi khusus rekrutmen CPNS untuk penempatan di IKN. Rekrutmen CPNS akan diumumkan terbuka dalam waktu dekat.

Tahap pertama, berdasarkan rincian formasi di Badan Kepegawaian Negara (BKN), terdapat 40.021 formasi CPNS di Instansi Pusat yang dialokasikan untuk penempatan di IKN.

Jadi yang baru direkrut adalah pegawai instansi pusat yang ditempatkan pada unit kerja yang berada di IKN,” imbuhnya. Khusus dari 40.021 formasi CPNS penempatan IKN, pemerintah akan memberikan afirmasi sebesar 5 persen bagi putra-putri terbaik Kaltim.

Sedangkan cara ketiga adalah dengan melakukan mutasi pegawai dari pemerintah daerah sekitar IKN.

Mutasi pegawai ASN di sekitar IKN dilakukan secara terbuka dan kompetitif. Nantinya juga status untuk kepegawaian bagi para pelamar yang lulus akan berubah menjadi pegawai OIKN atau pegawai K/L di IKN.

Anas juga menyampaikan perkembangan jumlah ASN yang akan pindah ke IKN yang tentunya berdasarkan ketersediaan tempat tinggal. Berdasarkan hasil koordinasi dengan Kementerian PUPR dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, terdapat 47 tower yang telah selesai dibangun hingga November 2024.

Nantinya dari 47 tower dan dari 29 tower diisi ASN, kemudian untuk separuhnya lagi diisi TNI/Polri, jelas Anas.

Dia menjelaskan secara rinci progres ketersediaan 29 tower yang akan ditempati ASN. Bulan Juli 2024 berjumlah 8 tower dengan jumlah 48 unit dan September 2024 sebanyak 14 tower yang berarti total 840 unit.

error: Content is protected !!