BPIP Masyarakat Berpartisipasi Dalam Kirab Sang Merah PutihBPIP Masyarakat Berpartisipasi Dalam Kirab Sang Merah Putih

Jakarta (ANTARA) – Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Rima Agristina mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mengikuti Karnaval Merah Putih. Di Monumen Nasional (Monas) Jakarta menuju Ibu Kota Kepulauan (IKN), Kalimantan Timur.

BPIP, Karnaval yang digelar pada Sabtu (10/8) ini merupakan bagian dari rangkaian persiapan Upacara Peringatan HUT Ke-79. Kemerdekaan Republik Indonesia yang pertama kali digelar di IKN.

BPIP, Mari kita bersama-sama menunjukkan rasa cinta dan bangga terhadap negara kita dengan mengikuti acara ini. Setiap langkah yang kami ambil dalam karnaval ini merupakan bentuk penghormatan terhadap para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa. Kata Rima dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Selain itu, pasukan kirab yang membawa duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi diberangkatkan dari Monas ruas Cawan. Tempat disimpan dan dirawatnya Sang Saka Merah Putih. Menuju Bandara Halim Perdanakusuma melalui jalur Jalan Merdeka Barat, Jalan Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan Gatot Subroto.

Dikatakannya, pada Karnaval Merah Putih yang bertugas adalah Purnapaskibraka Duta Pancasila. Yang pernah menjabat sebagai Paskibraka pembawa nampan bendera tahun 2023. Mereka mendampingi Merah Putih menuju lokasi upacara untuk dikibarkan Paskibraka 2024.

Artinya tugas membesarkan Merah Putih harus terus diemban oleh putra-putri dari generasi ke generasi. Yang merupakan bagian dari kader pemimpin Indonesia masa depan, ujarnya.

Menurutnya, Karnaval Merah Putih bukan sekadar acara simbolis. Namun juga merupakan bentuk penghormatan dan pengingat akan arti penting Bendera Negara, Merah Putih. Yang menjadi simbol perjuangan dan kedaulatan bangsa. bangsa Indonesia.

BACA JUGA : Relawan Khofifah-Emil Se-Bondowoso Deklarasi Kebulatan Tekad

Selain itu, Karnaval Merah Putih mengingatkan seluruh komponen bangsa, sejarah bangsa. Bahwa kemerdekaan Indonesia telah diraih dan diperjuangkan dengan segenap jiwa raga.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan, Bendera Negara adalah Merah Putih yang dikibarkan pada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945.

Lebih lanjut Rima menjelaskan Karnaval Merah Putih merupakan momen bersejarah yang tidak hanya akan menjadi kenangan indah, namun juga mempererat rasa persatuan dan kesatuan di antara kita semua.

Mari kita sambut HUT Kemerdekaan RI ke-79 dengan semangat yang membara dan rasa cinta yang tulus terhadap bangsa dan negara, tambah Rima.

Diketahui, karnaval ini akan melibatkan berbagai elemen masyarakat baik pelajar, karang taruna, hingga komunitas lokal yang semuanya bersatu dalam satu tujuan yaitu merayakan kemerdekaan dan mengenang sejarah perjuangan bangsa.

Acara ini juga akan dimeriahkan dengan pertunjukan seni dan budaya yang menggambarkan kekayaan dan keberagaman Indonesia.

Kemudian akan ada sesi orasi yang diisi oleh tokoh-tokoh nasional dan masyarakat yang akan menyampaikan pesan-pesan kebangsaan dan pentingnya menjaga persatuan di tengah keberagaman.

error: Content is protected !!