Kachina dan Keyla Pangku Bendera dan Teks Proklamasi di MobilKachina dan Keyla Pangku Bendera dan Teks Proklamasi di Mobil

Jakarta (ANTARA) – Pensiunan personel Paskibraka Kachina Ozora dan Keyla Azzahra Purnama. Membawa replika bendera Merah Putih dan teks proklamasi di mobil Maung Pindad saat prosesi karnaval. Dari kawasan Monas menuju Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu .

Dilanjutkan dalam jaringan (daring) Sekretariat Presiden (Setpres) Jakarta. Kachina terlihat memegang replika bendera Merah Putih dengan posisi tepat di belakang kursi pengemudi. Sedangkan Keyla memegang teks proklamasi di samping Kachina.

Keduanya tampil anggun memancarkan aura penuh semangat dan kebanggaan bangsa. Sebagai simbol keberanian dan pengabdian, kedua pelajar tersebut tampil dengan kostum Paskibraka lengkap yang mencerminkan warna merah dan putih, sambil membawa bendera dan teks proklamasi yang disimpan dalam kotak kayu berukir.

Kachina merupakan wakil Putri Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang pernah dipercaya menjadi Pemimpin Upacara Paskibraka di Istana Negara, Jakarta, pada 15 Agustus 2023.

Siswa yang kelahiran tanggal 26 Juni 2007 ini adalah merupakan dari siswi SMA Negeri 2 Palangka Raya yang telah menunjukkan dedikasinya dalam berbagai kegiatan nasional.

Sedangkan Keyla merupakan perwakilan siswi SMA Negeri 4 Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Wanita kelahiran 10 September 2007 ini punya pengalaman menerima penurunan bendera Paskibraka Nasional 2023 di Istana Negara, Jakarta.

Di Monas, kirab bendera diawali dengan upacara resmi yang dimulai pukul 06.00 WIB ditandai dengan kehadiran Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Monas Cawan, sebagai tempat penyimpanan bendera Merah Putih dan teks proklamasi. .

Prosesi untuk penyerahan bendera dan teks proklamasi dari Sekretariat Presiden kepada Kachina dan Keyla berlangsung sekitar pukul 08.00 WIB.
Rombongan pembawa bendera merah putih dan teks proklamasi keluar menuju rangkaian kendaraan Maung dengan langkah tegap dan dikawal Paspampres.

BACA JUGA : BPIP Masyarakat Berpartisipasi Dalam Kirab Sang Merah Putih

Pelepasan rombongan kendaraan karnaval ditandai dengan penghormatan pasukan serta penampilan marching band dan penunggang kuda di halaman Monas. Prosesi karnaval di Jakarta dimulai dari Monas menuju Lanud Halim Perdanakusuma, melewati Patung Kuda, Jalan Thamrin, Bundaran HI, Semanggi.

Durasi prosesi di penyeberangan Jakarta diperkirakan sekitar 1 jam 15 menit dengan jarak 14 kilometer, sebelum bendera dan teks proklamasi selanjutnya diterbangkan ke IKN, Kalimantan Timur, menggunakan pesawat TNI AU.

Yang menarik, duplikat bendera dan teks proklamasi itu akan menggunakan kendaraan taktis Maung buatan Pindad kita dan juga menggunakan produksi dalam negeri, kata Yusuf saat memberikan keterangan di Monumen Nasional, Jakarta, Sabtu.

Yusuf menjelaskan, prosesi penggandaan bendera Pusaka Merah Putih dan Teks Proklamasi akan dilakukan dari Monas hingga Bandara Halim Perdanakusuma. Jalur karnaval budaya melewati patung Kuda Arjuna Wijaya di perempatan Jalan Merdeka Selatan menuju Jalan MH. Thamrin, Bundaran HI, Jembatan Semanggi kemudian sampai di Bandara Halim Perdanakusuma.

Perkiraan perjalanan menuju Bandara Halim memakan waktu sekitar 1 jam 15 menit dengan jarak tempuh sekitar 14 kilometer. Perjalanan bendera dan teks Proklamasi menggunakan kendaraan taktis Maung yang diproduksi di dalam negeri oleh PT Pindad.

error: Content is protected !!