KPU Sleman Buka Konsultasi Pendaftaran Calon Jalur ParpolKPU Sleman Buka Konsultasi Pendaftaran Calon Jalur Parpol

Sleman (ANTARA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman. Daerah Istimewa Yogyakarta membuka layanan informasi dan konsultasi jelang pembukaan pendaftaran bakal calon pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman (Pilkada 2024) melalui partai politik (parpol).

“Setelah pendaftaran bakal calon jalur independen dibuka pada Mei 2024, belum ada pendaftar. Pada Agustus ini akan dilanjutkan pendaftaran jalur partai politik,” kata Ketua KPU Kabupaten Sleman Ahmad Baehaqi di Sleman, Rabu.

Menurut dia, saat ini partainya telah mempersiapkan pendaftaran bakal calon melalui jalur partai politik, termasuk dengan membuka layanan informasi bagi partai politik dan gabungan partai politik.

Tahapan pencalonan melalui partai politik akan dibuka pada 27 hingga 29 Agustus 2024. Kami siap memberikan layanan informasi kepada partai politik dan koalisi terkait pendaftaran bakal calon tersebut, ujarnya.

Dikatakannya, sebelum pembukaan pendaftaran calon pasangan calon, akan dilakukan pengumuman terbuka pendaftaran pasangan calon pada tanggal 24 hingga 26 Agustus 2024.

Setelah pengumuman, parpol dan gabungan parpol dipersilakan mendaftarkan pasangan calon yang diusulkannya, kemudian berkasnya akan kami verifikasi,” ujarnya.

Ahmad Baehaqi mengatakan, penetapan pasangan calon akan dilakukan pada 22 September 2024

Setelah pendaftaran ditutup, lanjutkan dengan verifikasi berkas pendaftaran yang masuk. Rencananya penetapan pasangan calon pada 22 September 2024, ujarnya.

Komisioner KPU Sleman, Bagian Teknis dan Penyelenggara Pemilu, Noor Aan Muhlisoh mengatakan, saat ini ada beberapa perwakilan partai politik yang sedang berkonsultasi terkait persyaratan dokumen pencalonan bupati dan wakil bupati.

Sudah ada perwakilan dari parpol yang akan melakukan konsultasi mengenai persyaratan dan hal-hal lain, sedangkan saat ini komunikasi konsultasi hanya melalui telepon,” ujarnya.

BACA JUGA : PDI Perjuangan Jatim Bekali 329 Caleg DPRD Terpilih

Komisi Pemilihan Umum kini telah membuka layanan helpdesk untuk memfasilitasi partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024. Layanan ini terbuka hingga penetapan dan pengumuman partai politik peserta pemilu pada 14 Desember 2022.

Sejauh ini, baru ada partai politik di tingkat kabupaten yang berkonsultasi dengan KPU Sleman. Kepala Bidang Pelaksanaan Teknis KPU Noor Aan Muhlishoh mengatakan tahapan pemilu saat ini adalah pendaftaran partai politik dan penyerahan dokumen pendaftaran mulai 1-14 Agustus 2022.

Pendaftaran akan dilakukan di KPU RI sehingga KPU Sleman tidak menerima untuk dokumen apapun terkait proses pendaftaran partai politik. Namun pada proses tersebut, KPU membuka layanan helpdesk di kantor KPU Sleman.

Ruang lingkup fasilitas helpdesk ini adalah melayani konsultasi terkait pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta pemilu kepada partai politik peserta pemilu. “Selain itu juga memberikan konsultasi dan fasilitasi penggunaan hukum perdata,” kata Muhlishoh, Senin (1/8/2022).

Pelayanan helpdesk ini dilakukan secara tatap muka, di kantor KPU Sleman pada pukul 08.00 – 17.00 WIB. Namun layanan ini juga bisa dilakukan secara online dan tidak dibatasi waktu. Anda bisa menulis surat atau menelepon langsung ke kantor KPU Sleman.

Hingga saat ini, kata Mukhlisoh, sudah ada parpol baru yang datang dan berkonsultasi dengan KPU Sleman. Tadi pagi sudah ada (konsultasi dengan KPU Sleman). Partai Kedaulatan Rakyat. Mereka bertanya apa yang harus dilakukan selama proses pendaftaran. “Sejauh ini kami masih berkoordinasi di tingkat pusat,” ujarnya.

 

error: Content is protected !!