KRI Bima Suci Mulai Misi Muhibah Ke Asia Timur Sampai RusiaKRI Bima Suci Mulai Misi Muhibah Ke Asia Timur Sampai Rusia

Jakarta (ANTARA) – KRI Bima Suci telah melakukan pelayaran misi diplomatik dan muhibah dari Surabaya, Jawa Timur. Ke beberapa negara di Asia Timur hingga Rusia selama 90 hari ke depan dengan membawa sejumlah para taruna Akademi Angkatan Laut Indonesia dan taruna dari berbagai macam 17 negara.

Dalam pelayaran tersebut, sebanyak 189 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Indonesia mengikuti Latihan Kartika Jala Krida. (Lattek KJK) Kadet Tingkat III Akademi TNI Angkatan Laut Angkatan 71 Tahun 2024, dan Sail Kadet ASEAN Plus (APCS) Tahun 2024. ) Berlayar bersama 32 taruna akademi angkatan laut dari 17 negara.

Oleh karena itu, Panglima Koarmada II TNI AL Laksamana Muda TNI Ariantyo Condrowibowo. Dalam mengadakan kata sambutannya pada acara pemberangkatan di Surabaya, dan Jawa Timur, Kamis, menyebut misi muhibah KRI Bima Suci tahun ini istimewa.

Pelayaran ini akan menempuh jarak 10.715 Nautical miles (Nm) selama kurang lebih 90 hari, dan pelayaran ini istimewa karena akan diikuti oleh 32 taruna dari negara-negara ASEAN dan non-ASEAN. Kata Pangkoarmada II dalam pesannya yang dibacakan. oleh Kepala Staf Koarmada II Laksamana Pertama. TNI Isswarto saat upacara di Dermaga Madura Koarmada II, Ujung, Surabaya.

Negara-negara yang mengirimkan tarunanya untuk mengikuti APCS 2024 bersama KRI Bima Suci yaitu. Thailand, Kamboja, Malaysia, Filipina, Laos, Singapura, Timor Leste, Vietnam, China, Australia, Chile, India, Italia, Jepang, Korea Selatan, Belanda, dan Turki.

BACA JUGA : Prabowo Ungkap Ketertarikan Nuklir Saat Bertemu putin

Taruna dari 17 negara dan taruna AAL berlayar bersama KRI Bima Suci dengan rute Surabaya, Jakarta dan tujuan akhir Singapura.

Setelah itu, KRI Bima Suci yang dipimpin Letkol Laut (P) Hastaria Dwi Prakoso akan melanjutkan pelayaran ke Sihanoukville (Kamboja). Hai Phong (Vietnam), Shanghai (China), Busan (Korea), Vladivostok (Rusia), Yokosuka (Jepang), Manila (Filipina). Lalu pulang dengan jalur Balikpapan, dan tujuan terakhir adalah Surabaya.

Total waktu pelayaran KRI Bima Suci operasi muhibah, APSC 2024, dan KJK 2024 tahun ini adalah 90 hari, terdiri dari 57 hari berlayar dan 33 hari sandar. Dalam kurun waktu tersebut, dijadwalkan berlayar 16 hari di perairan Indonesia dan 74 hari di luar negeri.

KRI Bima Suci ini dijadwalkan untuk menyelesaikan tugas misinya dan tiba di markasnya di Surabaya pada 30 Oktober 2024.

Rancangan untuk seluruh teknis kapal layar tiang tinggi ini memiliki panjang 111,20 meter, lebar 13,65 meter, kedalaman sarat 5,95 meter. Dan untuk tinggi tiang maksimal 49 meter dari permukaan dek atas. Kapal kelas Bark bertiang tiga ini memiliki 26 layar dengan total luas layar 3.352 meter persegi. Ketinggian dek utama adalah 9,20 meter di atas permukaan laut.

error: Content is protected !!