Pemprov Kaltim Siapkan Pengamatan Bendera Pusaka ke JakartaPemprov Kaltim Siapkan Pengamatan Bendera Pusaka ke Jakarta

Samarinda (ANTARA) – Pemprov Kaltim menyiapkan prosesi penyerahan duplikat Bendera Pusaka Merah Putih. Dan teks proklamasi Ibu Kota Kepulauan (IKN) kembali ke Istana Merdeka, Jakarta. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur Sri Wahyuni ​​​​di Samarinda, Selasa. Berharap prosesi penyerahan kedua benda bersejarah tersebut berjalan sukses dan meriah.

Pemprov Kaltim, kami berharap mahasiswa dan masyarakat kembali antusias menyaksikan penyerahan Bendera Pusaka Merah Putih dari IKN ke Jakarta. Melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan,” kata Sekda Sri Wahyuni. ​​saat memimpin Rapat Koordinasi Kesiapan Penyerahan Bendera Pusaka Merah Putih di Kantor Gubernur Kaltim. .

Menurut Sekda, pawai dan penyerahan Bendera Pusaka Merah Putih akan dilaksanakan pada Sabtu 31 Agustus 2024 dari Istana Negara di IKN. Selanjutnya konvoi tim pembawa Bendera Pusaka Merah Putih dan teks proklamasi akan dibawa menggunakan Maung (kendaraan khusus). Dan akan diantar ke Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan untuk dibawa kembali ke Istana Merdeka, Jakarta.

Bendera Pusaka Merah Putih akan dibawa oleh mahasiswi Kaltim yang juga didaulat menjadi pembawa nampan HUT Ke-79. Kemerdekaan RI di IKN, Livenia Evelyn Kurniawan. Dari IKN, rangkaian konvoi akan melintasi Simpang Riko, Jembatan Pulau Balang, Tol IKN Seksi 3B, Tol Manggar. Hingga Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dan terbang kembali menuju Jakarta.

BACA JUGA : Penjahat Pria Berbahaya Buron 20 Tahun Malah Jadi Polisi

Tentunya kita sangat berharap prosesi penyerahan ini bisa semarak seperti kedatangan menjelang pengibaran pada 17 Agustus. Mendatang di Istana Negara, IKN,” harap Sekda Sri Wahyuni. Koordinasi juga dilakukan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Timur, serta Balikpapan dan Penajam Paser Utara untuk penempatan siswa di Sepaku, Jembatan Pulau Balang, sepanjang jalur menuju Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Selain itu ada juga beberapa posko kesehatan yang juga akan disiapkan di sejumlah titik untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan. Prinsipnya seluruh OPD siap memberikan dukungan, pungkas Sri Wahyuni. Dalam prosesi di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan juga akan dimeriahkan tarian rebana yang dibawakan oleh 12 orang dan 24 duta budaya. Selain itu, 38 Purna Paskibraka Balikpapan juga akan hadir.

Rapat ini juga dihadiri secara virtual oleh pejabat Kodam VI Mulawarman, Polda Kaltim, Sekretariat Presiden dan Protokol Istana, Paspampres, Asisten III Balikpapan Andi Sri Juliarty serta perwakilan pejabat PPU. Diketahui, Bendera Pusaka dan teks proklamasi digunakan pada upacara kenegaraan memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di ibu kota negara nusantara (IKN) 17 Agustus 2024

Untuk pertama kalinya barang bersejarah milik negara tersebut juga digunakan dalam bentuk prosesi resmi kenegaraan di luar Ibu Kota Jakarta. Setelah upacara di IKN selesai, duplikat bendera dan teks proklamasi harus dikembalikan ke Istana Merdeka, Jakarta. Gladi bersih prosesi penyerahan akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 29 Agustus 2024 pukul 10.00 WITA dimulai dari IKN.

error: Content is protected !!