Sidang Kabinet Paripurna di IKN Sketsa Kekompakan Para MentriSidang Kabinet Paripurna di IKN Sketsa Kekompakan Para Mentri

IKN (ANTARA) – Sidang Kabinet Paripurna pertama yang digelar Presiden Joko Widodo di Ibu Kota Kepulauan (IKN), Kalimantan Timur, Senin (12/8), sedikit banyak menjadi sketsa atau ilustrasi persatuan para Menteri Maju. Kabinet Indonesia (KIM).

Dalam sidang kabinet paripurna di IKN, hampir seluruh menteri bisa berkumpul di waktu yang sama di tempat yang tepat, ngobrol dan saling menunjukkan keakraban. Para menteri khususnya mulai berdatangan ke IKN sejak Minggu (11/8).

Mayoritas dari mereka datang menggunakan pesawat. Namun ada juga yang menggunakan transportasi laut, seperti Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas.

Mereka datang sejak Minggu untuk terlebih dahulu menghadiri jamuan makan malam bersama Presiden Joko Widodo di Poros Nasional IKN.

Salah satu menteri yang paling awal hadir adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Selaku Plt Kepala Badan Kewenangan IKN, Basuki hadir lebih awal untuk mengecek persiapan sarana dan prasarana Sidang Kabinet Paripurna, termasuk persiapan penyelenggaraan Peringatan Detik-Detik Proklamasi 17 Agustus di Istana Negara IKN.

Sejak Minggu pagi, Basuki mengecek tempat-tempat yang akan dijadikan tempat berkumpul para menteri, mulai dari ruang rapat kabinet paripurna, kawasan embung IKN, Poros Nasional, kediaman aparatur sipil negara (ASN), hingga kantor Kementerian Koordinator. .

BACA JUGA : Jusuf Hamka Akan Berkomunikasi Dengan Airlangga

Ia juga mengunjungi lokasi peletakan batu pertama Istana Wakil Presiden. Pak Bas, sapaan Menteri PUPR, mengecek persiapannya secara matang. Ajukan pertanyaan dan berikan arahan kepada tim.

Menjelang Minggu malam, menteri-menteri lain juga hadir. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan salah satunya. Luhut langsung mendatangi kawasan IKN, salah satunya mengecek kantor Kementerian Koordinator Perekonomian.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurthi Yudhoyono (AHY) juga tiba Minggu malam dari Balikpapan. Setelah para menteri tiba, giliran Presiden Joko Widodo. Presiden menaiki helikopter dari Balikpapan bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Para menteri kemudian berkumpul di Hotel IKN Nusantara, tempat mereka bermalam. Di sana para menteri ngobrol dan bercanda. AHY yang baru berulang tahun 10 Agustus 2024 mendapat ucapan selamat dari rekan-rekan menteri.

Usai berkumpul di Hotel Nusantara, para menteri berangkat menuju Poros Nasional menaiki kereta otonom tanpa rel. Di tempat ini Presiden menjamu para menteri kabinet untuk makan malam.

Suasana makan malam terlihat santai dan cukup hangat. Para menteri yang gemar berfoto ini sibuk mengabadikan momen dengan berswafoto. Menteri Keuangan Sri Mulyani salah satunya membagikan momen kebersamaan saat menghadiri jamuan makan malam tersebut melalui unggahan di media sosial Instagram @smindrawati.

error: Content is protected !!