Kiprah Politik Sutiyoso, Gubernur DKI dengan Masa Jabatan TerlamaKiprah Politik Sutiyoso, Gubernur DKI dengan Masa Jabatan Terlama

Liputan6.com, Jakarta – Sutiyoso yang akrab disapa Bang Yos merupakan sosok yang sangat berpengaruh dalam sejarah politik Jakarta. Memimpin Ibu Kota selama dua periode sejak 1997 hingga 2007, Bang Yos membawa berbagai perubahan signifikan. Selama sepuluh tahun kepemimpinannya, Sutiyoso bekerja keras mengatasi berbagai tantangan besar yang dihadapi Jakarta. Salah satunya kemacetan lalu lintas yang kronis.

Kiprah Politik Sutiyoso, Salah satu terobosan kebijakannya yang masih dikenang dan digunakan hingga saat ini adalah penyediaan sistem transportasi Transjakarta yang lebih dikenal dengan Busway. Kebijakan ini diperkenalkan sebagai solusi untuk mengurangi kemacetan dengan menyediakan alternatif transportasi umum yang lebih efisien dan tertib.

Namun, meski ada upaya untuk memperbaiki sistem transportasi, kemacetan masih menjadi tantangan besar. Hingga akhir masa jabatannya, kemacetan masih menjadi momok yang menghantui setiap pemimpin DKI Jakarta yang datang setelahnya. Berikut ulasan lebih lanjut kiprah politik Sutiyoso yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (24/7/22024).

Salah satu Gubernur DKI dengan Masa Jabatan Terlama

Bang Yos merupakan salah satu Gubernur DKI Jakarta yang memiliki masa jabatan terlama setelah Sudiro dan Ali Sadikin. Sutiyoso menjabat dua periode berturut-turut pada tahun 1997 hingga 2007, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pada masa kepemimpinannya, Sutiyoso dikenal dengan berbagai kebijakan penting dan inovatif. Salah satu prestasi terbesarnya adalah diluncurkannya sistem transportasi massal TransJakarta pada 15 Januari 2004. Sistem yang lebih dikenal dengan Busway ini dirancang untuk mengatasi permasalahan kemacetan yang merajalela di Jakarta dan menjadi kebanggaan tersendiri. warga ibu kota.

Setelah kesuksesan Koridor I, sistem ini diperluas ke koridor-koridor berikutnya sehingga membantu mengurangi kemacetan di ibu kota. Keberhasilan TransJakarta dalam mengurangi polusi dan kemacetan telah mendapat pengakuan internasional, termasuk Asian Air Quality Management Champion Award.

Pencapaian dan kebijakan yang diterapkan Sutiyoso pada masa kepemimpinannya mencerminkan dedikasinya dalam menghadapi berbagai tantangan dan upayanya dalam meningkatkan kualitas hidup di Jakarta. Karya dan inovasi yang dilakukan, khususnya di bidang transportasi, masih memberikan dampak hingga saat ini dan menjadikannya salah satu gubernur terlama dan berpengaruh dalam sejarah Jakarta.

Baca Juga : Dugaan Korupsi Hinca Pandjaitan Serahkan Dokumen Rahasia

error: Content is protected !!